Kepala Sekolah Harus Jadi Panutan


23 Juni 2010

Kepala Sekolah Harus Jadi Panutan

JAKARTA – Pendidikan menjadi sangat kompleks di Indonesia, karena jumlah sekolah dan murid yang sangat banyak. Untuk itu, peran kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk mengelola sekolah dan murid-muridnya.

’’Kepala sekolah membawa peran penting agar pendidikan di sekolah bisa terus berlanjut,’’ kata Mendiknas Mohammad Nuh saat membuka International Conference on Best Practice II di Hotel Aston Marina Jakarta, Selasa (22/6).

Menurutnya, kepala sekolah ibarat manajer sekaligus pemimpin di satuan pendidikan, sehingga dibutuhkan leadership yang kuat dari seorang kepala sekolah. Kepala sekolah juga harus menjadi panutan bagi murid dan guru.

Menurut Nuh, tidak semua kepala sekolah diundang dalam konferensi internasional itu. Sebab, hanya kepala sekolah dari Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) terbaik saja yang diundang. Kepala-kepala sekolah berprestasi yang hadir berasal dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filiphina, Singapura, Thailand, Vietnam, serta Indonesia.
Training Berjenjang Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan saat ini ada 194- ribuan kepala sekolah. Dengan adanya sistem training berjenjang, pelatihan dan peningkatan kualitas seluruh kepala sekolah akan lebih cepat dirampungkan. Dia juga mengatakan, negara-negara di Asia Tenggara harus bersama-sama memajukan pendidikan, karena saat ini seluruh negara di Asia Tenggara memiliki tantangan yang sama besarnya. ’’Karena itu, tidak boleh ada negara yang abai terhadap pendidikan,’’ tandasnya.

Dia menjelaskan, konferensi itu juga bertujuan untuk memberikan kesempatan berbagi dan bertukar pikiran, serta pengalaman melalui komunikasi, interaksi, dan kolaborasi yang efektif antara kepala sekolah kawasan Asia Tenggara. Konferensi tersebut dilaksanakan untuk memelihara pengembangan, pengelolaan, dan kepemimpinan sekolah dalam era gobalisasi abad 21.

Direktur Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdiknas Surya Dharma mengatakan, konferensi ini merupakan wadah berbagi pengalaman antara kepala sekolah se-ASEAN tentang pengelolaan sekolah yang efektif.

Adapun Presiden South East Asia School Principals Forum Sugiarto mengatakan, forum ini akan fokus pada peran kepala sekolah dalam pembelajaran terutama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan praktik mengajar.

Sementara Kepala Sub Direktorat Program Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Kemdiknas Abi Sujak mengatakan, konferensi yang berlangsung 22-25 Juni 2010  mengusung tema ’’Strategy and Technical Experiences Enhancing School Management and Teahing Practice’’.  (H28-37) suara merdeka 23 juni 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: