Seandainya Anda bisa dengar Tangisan Pohon


Seandainya Anda Bisa Dengar Tangisan Pohon

Sering kita melihat langsung penanaman potion oleh banyak pihak. Misalnya saat menyaksikan siaran tv. Juga membaca koran dan siaran radio. Ada istilah penanaman sejuta pohon, penghijauan kembali ( reboisasi ) ataupun penyelamatan tanah, baik dilakukan instansi pemerintah, swasta, maupun sekelompok masyarakat dengan acara peduli lingkungan, penyelamat lingkungan. Ini dimaksudkan supaya lingkungan kita menjadi bersih dan sehat dari polusi. Tidak terjadi erosi. Sebaliknya, bisa tercipta  penyeimbangan kebutuhan antara manusia dan alam. Juga menambah aset di kemudian hari. Sebab, pohon – pohon yang ditanam bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, wisata alam, dll. Namun perlu diingat, pohon yang setelah ditanam memerlukan perawatan atau perhatian secara berkala sehingga pertumbuhannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kegiatan perawatan hampir terabaikan, bahkan cenderung dibiarkan. Akibatnya, biaya penanaman yang begitu besar hanya untuk kegiatan seremoni belaka.
Kalau kita amati, pohon – pohon di jalan raya utama dalam kota banyak dimanfaatkan untuk kepentingan promosi dengan ditempelkan atau dipaku pada pohon. Padahal seandainya kita sadari, pohon  juga makhluk hidup. Ketika dipaku atau dipangkas / ditebang yang tidak disertai perawatan yang memadai, pohon akan terkena virus. Pada akhirnya pohon akan keropos di dalamnya dan mati karena penyakit tersebut.

Khusus pemasangan promosi / iklan pada pohon cara dipaku merupakan perbuatan tidak bertanggung jawab. Seandainya kita mendengar keluhan atau tangisnya seperti masa kampanye beberapa hari lalu, pasti kita akan terharu. Untuk itu mari pencinta lingkungan, pemerhati lingkungan, komunitas lingkungan dan ecinta alam bersama sama berupaya menyelamatkan pohon – pohon yang teraniaya oleh sebagian masyarakat pengguna promosi. Tujuannya supaya Iingkungan benar-benar bersih dan sehat

2 Tanggapan

  1. untungnya tanaman ngga bisa ngomong.. tapi mungkin gag ya suatu saat nanti tanaman itu minta pertanggungjawaban??

    • yups…….seandainya….????? Trim’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: