Seperti Apa Wujud Evolusi Manusia?


Seperti Apa Wujud Evolusi Manusia?

Benarkah wujud nyata evolusi manusia adalah perkembangan dari seekor monyet menjadi manusia? Nanti dulu.

Jurnal ilmiah Science menjelaskan evolusi dari kacamata yang berbeda.Jurnal yang cukup kredibel di bidang sains ini mengulas masyarakat Tibet sebagai contoh nyata evolusi. Warga Tibet mempunyai kemampuan untuk hidup di tempat yang tinggi dengan oksigen rendah karena mengalami perubahan genetik tercepat yang pernah diamati pada manusia.

Para peneliti di University of California-Berkeley mengatakan perbandingan mereka dari genom etnis Tibet dan etnis Han di Cina bisa membantu ilmuwan memahami bagaimana tubuh berhubungan dengan penurunan oksigen dan penyakit yang terkait dengan kekurangan oksigen di dalam rahim.

Para ahli biologi evolusioner mengatakan hasil penelitian mereka, yang membandingkan genom dari 50 orang Tibet dan 40 orang Han, menunjukkan bahwa Tibet cepat mengembangkan kemampuan unik untuk bertahan hidup di ketinggian di atas 13 ribu kaki, di mana tingkat oksigen sekitar 40 persen lebih rendah dari pada permukaan laut.

Penelitian mengatakan bahwa Tibet berevolusi untuk beradaptasi dengan ketinggian yang sangat menakjubkan setelah memisahkan diri dari Han sekitar 2.750 tahun yang lalu.

Penelitian ini mengidentifikasi lebih dari 30 gen yang telah mengalami mutasi DNA pada etnis Tibet, hampir setengah dari yang berkaitan dengan bagaimana tubuh menggunakan oksigen.

“Untuk suatu perubahan yang sangat kuat, banyak orang akan harus mati hanya karena fakta bahwa mereka memiliki versi salah gen,” kata Rasmus Nielsen, seorang profesor biologi integratif di Berkeley yang memimpin analisis statistik.Ia menyebut evolusi makhluk hidup adalah berubahnya perilaku atau bentuk tubuhnya mengesuaikan dengan kondisi alam agar bisa bertahan hidup, bukan berubah menjadi jenis makhluk hidup baru.

Red: Siwi Tri Puji.B
Sumber: CNN

Satu Tanggapan

  1. Saya heran dengan teori Evolusi.Manusia berasal dari kera.Kenapa keranya masih ada ?
    Mestinya kalau manusia dari kera …primata itu sudah tidak ada.Karena sudah berkembang menjadi manusia.
    Logikanya kok ngga masuk.
    Kalau ada teori Evolusi kenapa ngga berkesimpulan bahwa kera berasal dari manusia ?
    Alloh swt adalah maha pencipta dengan ciptaannya yang sangat maha beragam.Bisa mencipta berbagai bentuk yang kadang sulit dipahami oleh imajinasi mahlukNya.Teori evolusi mengesampingkan segi kreatifitas dari Tuhan yang maha kreatif.Bisa mencipta berbagai bentuk yang bisa jadi agak mirip-mirip.

    Teori Evolusi adalah sebuah kesimpulan yang buntu terhadap kemungkinan sebuah penciptaan.Ia tidak mampu menjawab pertanyaan kenapa ada banyak kemiripan mahluk ciptaan alloh swt.

    Manusia berasal dari kera…..atau kera yang berasal dari manusia ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: