Guru Diminta Tinggalkan Model Mengajar Konvensional


Pendidikan

sumber suara merdeka 09 Juli 2010

Guru Diminta Tinggalkan Model Mengajar Konvensional

SOLO  – Model mengajar konvensional tidak bisa lagi dipertahankan. Guru harus beralih ke model yang lebih kreatif dan bisa memacu murid agar termotivasi dan memberikan ruang yang cukup untuk berkreasi.

’’Sudah bukan zamannya guru tahu segalanya dan menjadi penentu kebenaran. Guru harus menjadi motivator yang mendorong siswa berkembang baik secara fisik maupun psikologis,’’ kata pakar pendidikan Prof Dr M Furqon Hidayatullah MPd, kemarin.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS itu mengatakan, UNS melakukan pengembangan metode mengajar system ALFHE (active learning for higher educations). Yaitu, dengan memodifikasi system belajar siswa aktif (CBSA) melalui tiga tambahan.

Pertama spiritual empowerment for lecturer, memasukkan pendekatan spiritual atau rohani dalam setiap proses belajar mengajar. Setelah itu ditindaklanjuti dengan penelitian tindakan kelas, dan mendorong e-learning, belajar lebih banyak dari dunia maya.

Metode itu dipaparkan di depan pakar dan Kemendiknas di Jakarta beberapa waktu lalu. Hasilnya disepakati untuk dikembangkan lebih jauh tidak hanya di dunia perguruan tinggi, namun juga dari SD.

’’Justru di tingkat SD sebenarnya hal itu sudah harus dimulai. Misalnya, anak-anak kelas I-III, akan semakin nyaman dan enjoy sekolah, karena guru memberikan metode belajar yang menyenangkan. Bukan dengan cara memaksakan kebenaran.’’

Sempat muncul pertanyaan soal e-learning yang dinilai bukan unsur belajar aktif, namun justru karena siswa didorong mandiri, menjadi bahan lewat dunia maya, maka fasilitas teknologi informasi dan komunikasi akan dimaksimalkan kegunaannya, bukan ke arah hal yang aneh-aneh.(an-37)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: