Memerdekakan Siswa


AGUSTUS adalah bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Namun, banyak kalangan yang belum merasakan kemerdekaan seutuhnya. Salah satunya adalah siswa sekolah. Saat ini mereka sedang mengalami penjajahan mental yang disebabkan adanya sistem pendidikan yang makin berat. Ditambah lagi oleh momok Ujian Nasional, yang setiap pelaksanaannya memakan korban siswa yang tidak lulus.

Akibatnya, banyak sekolah berlomba dengan berbagai cara, bahkan ada yang menempuh jalur ekstrim. Yakni dengan memajukan jam masuk sekaligus mengundurkan jam pulang. Tentu ini bukan langkah bijak.
Belajar Efektif Siswa harus dipersiapkan sejak dini adalah benar. Namun hal tersebut harus dilakukan dengan sistem yang tepat dan mempertimbangkan berbagai macam aspek.  Seperti menggunakan pola pembelajaran secara bertahap dan terarah.
Pola pembelajaran ini antara lain siswa diajak belajar melalui tiga tahap. Pertama, mereka mulai diajarkan sistem belajar efektif di rumah. Caranya, melalui pemberian tugas-tugas terstruktur yang akan merangsang siswa untuk bisa mengatur waktu belajar di rumah dengan mengerjakan tugas dari sekolah. Konsep ini bisa dilakukan tiga bulan pertama siswa masuk sekolah sebagai proses pemanasan otak.

Langkah berikutnya proses pemadatan pelajaran. Siswa diajak untuk belajar bersama di sekolah melalui penambahan jam pelajaran. Ibarat mesin, pada kondisi ini siswa akan berada dalam kondisi siap diajak berlari kencang. Ini diperoleh setelah siswa mendapat masa pemanasan melalui proses sebelumnya. Proses pemadatan pelajaran ini bisa dilakukan hingga satu bulan sebelum masa ujian berlangsung.

Setelah masa pemadatan, adalah menempa mental siswa agar lebih memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi ujian. Hal ini penting, agar siswa bisa berkonsentrasi saat menghadapi ujian. (75)

ditulis : Ani Sri Lestari, Staff pengajar SMPN 1 Plantungan, Kendal sumber suara merdeka 16/8/2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: