17 Ramadhan 1432 = 17 Agustus 2011


13132875061640178351Al-Quran

Bulan suci Ramadhan tahun ini sungguh istimewa karena ada dua kejadian yang sangat penting yaitu 17 Ramadhan adalah hari diturunkannya Kitab Suci Al-Qur’an (Nuzulul Qur’an) sebagai kitab suci agama Islam yang diwahyukan kepada Rosululloh Muhammad SAW dan bertepatan juga dengan hari ulang tahun Kemerdekaan Bangsa kita 17 Agustus.

Sesungguhnya kalau kita mau merenungkan dua kejadian ini, maka keadaan bangsa kita saat ini yang begitu banyak permasalahan yang timbul, mulai dari korupsi secara berjamaah disemua lini/sektor pemerintahan dan non pemerintah, bencana alam dimana-mana, perekonomian bangsa yang kian terpuruk dan masih banyak masalah lainnya, tidak perlu menjadikan bangsa kita kian terpuruk.

Dan kalau kita mau mengkaji lagi sejarah turunnya Al-Qur’an dengan surah pertamanya  Al-Alaq yang artinya segumpal darah tediri dari 19 ayat dan termasuk surah-surah makkiyah dan ayat 1 sampai 5 adalah ayat-ayat pertama yang diturunkan kepada Rosulullah Muhammad Saw di gua Hira.

Surah Al-Alaq ini yang diawali dengan Iqra yang artinya bacalah, mempunyai makna perintah membaca lingkungan alam semesta untuk menemukan siapa sebenarnya Tuhan; tersurat dalam Surah Al-Alaq bahwa manusia dijadikan dari segumpal darah; Allah menjadikan kalam sebagai alat mengembangkan pengetahuan; manusia bertindak melampaui batas karena merasa dirinya serba cukup; ancaman Allah terhadap orang-orang kafir yang menghalang-halangi kaum muslimin melaksanakan perintah-Nya.

Surat Al-Alaq menerangkan bahwa Allah menciptakan manusia dari benda yang hina kemudian memuliakannya dengan mengajar membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asalnya, karena itu dia tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan dia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya telah merasa serba cukup. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-’Alaq)

13132862951763929576Indonesia Merdeka, image from google

Seandainya saja semua pengayom Negara ini mau kembali kepada sejarah kejadian turunnya wahyu pertama ini, maka semua kejadian-kejadian yang kita alami sekarang ini tidak akan berlarut-larut, sehingga cita-cita suci dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan cepat terwujud dan dirasakan oleh seluruh warga negara Indonesia kita yang kita cintai ini.

Semoga saja momentum kejadian dua sejarah ini yang akan kita peringati secara bersamaan dalam satu hari yang sama, bisa membawa bangsa ini menjadi lebih baik dan mendatangkan kebaikan bagi seluruh umat dan masyarakat Indonesia,  Amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: